Selasa, 22 Desember 2009

Bisnis Kuliner dari Negara Barat

IDENTITAS PERUSAHAAN
Dunkin Donut



1. Address:
130 Royall Street
Canton, Massachusetts 02.021
AS

Telephone: 781-737-3000
http://www.dunkinbrands.com

2. Statistics:
Executive Leadership Team :
Will Kussel, President & Chief Brand Officer
William Bode, Vice President, U. S Compliance and Business Development
Randy Brashier, Vice President, Operating Systems
John Dawson, Chief Development Officer
Jimmy Fitzgerald, Vice President, Northeast
Al Hodges, Vice President, South Central
Tony Pavese, Chief Operating Officer, International
Mac Shimmon, Vice President, West
Fiscal Year 2008 : Global system-wide sales - $5.5 billion
Tanggal pendirian (nas/di seluruh dunia) : 1950
Tanggal pendirian franchising (nas/di seluruh dunia) : 1985
Jumlah total unit bisnis (nas/di seluruh dunia) : 17
Total investasi (nas) : 1 710 918 691 IDR
Entry fee : 342 183 738 IDR
Biaya royalti : 4.90 % dari omset penjualan
Biaya advertising : 6.00 % dari omset penjualan

Di tengah maraknya gerai cafe dan donat lokal dan asing, mungkin perlu diingat bahwa salah satu pelopor kedai kopi dan donut adalah Dunkin Donuts, waralaba kedai kopi dan donut asal Boston, Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat.
Berdiri di tahun 1940 dan hingga saat ini telah hadir di lebih dari 30 negara dan memiliki lebih dari 7000 outlet yang tersebar di seluruh dunia merupakan bukti kesuksesan waralaba asal Amerika ini dalam mengembangkan jaringannya di seuruh dunia.


3. SEJARAH PERUSAHAAN

Tahun 1940, seorang pengusaha bernama Bill Rosenberg mendirikan dan membuka sebuah gerai donut dengan nama Open Kettle di kota Boston, Quincy – Massachusetts, Amerika Serikat. Tanpa disangka gerai donut miliknya tumbuh dengan pesat. Hal ini terbukti dari makin bertambah banyaknya jumlah pelanggan yang berkunjung. Melihat perkembangan usahanya yang positif, tahun 1950 Rosenberg pun memutuskan mengubah nama Open Kettle menjadi nama lain yang lebih menjual. Setelah melalui proses yang panjang, terpilihlah nama baru yang lebih menjanjikan yaitu Dunkin' Donuts. Selaras dengan perubahan nama tersebut, dirintislah sistem franchise (waralaba).
Tahun demi tahun berlalu, kemajuan dan ketenaran nama Dunkin' Donuts makin tak terbendung. Bahkan di tahun 1970, Dunkin' Donuts telah menjadi merek internasional dengan reputasi yang luar biasa dalam hal kualitas produk dan pelayanan. Reputasi dan ketenaran itu jugalah yang kemudian menarik minat Allied Domecq, sebuah perusahaan internasional yang membawahi Togo's dan Baskin Robins untuk membeli Dunkin' Donuts dari keluarga Rosenberg. Pembelian dan pengambilalihan perusahaan dari keluarga Rosenberg akhirnya disepakati dan dilakukan dengan penuh persahabatan pada tahun 1983. Meski berganti kepemilikan, Allied Domecq tetap berusaha mempertahankan sistem manajemen yang sudah berjalan di Dunkin' Donuts. Kalaupun ada yang harus dirubah, perubahan dilakukan dalam skala kecil.


4. STRATEGI PEMASARAN

Hanya satu yang menjadi ambisi seluruh manajemen Allied Domecq yaitu membantu Dunkin' Donuts memperluas pasar secara internasional. Untuk mewujudkan ambisinya tersebut, diberlakukanlah standarisasi di seluruh counter Dunkin' Donuts. Di samping itu, berbagai strategi marketing yang jitu juga mulai dilancarkan, seperti selalu berusaha memperbaharui design sesuai dengan trend, fokus terhadap kualitas produk serta berusaha memaksimalkan kepuasan pelanggan. Dengan didukung sumber daya manusia yang handal, dalam waktu singkat ambisi Allied Domecq tercapai. Dunkin' Donuts berhasil memperluas pasar secara menakjubkan sehingga gerainya tidak hanya tersebar di benua Amerika, tetapi juga di benua Eropa dan Asia.
Dunkin' Donuts mulai merambah pasar Indonesia pada tahun 1985 dengan gerai pertamanya didirikan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta. Khusus wilayah Indonesia, master franchise Dunkin' Donuts dipegang Dunkin' Donuts Indonesia. Sejak diberi kepercayaan memegang master franchise tersebut, Dunkin' Donuts Indonesia bercita-cita dan bertekad untuk terus membesarkan serta memperkuat awareness dan positioning Dunkin' Donuts. Tidak hanya di Ibu Kota Indonesia, Jakarta, tetapi juga di berbagai kota besar lainnya. Itu sebabnya, kegiatan memperluas pasar dengan jalan membuka puluhan gerai permanen terus dilakukan secara berkala.
Kini Dunkin' Donuts Indonesia telah berhasil membuka lebih dari 200 gerai yang tersebar di berbagai kota besar Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Depok, Surabaya, Bandung, Bali, Medan, Yogyakarta, Makassar, dan lain sebagainya. Cita-cita memperkuat awareness dan positioning pun bisa dibilang telah tercapai. Paling tidak hal ini bisa dilihat dari hasil survey sebuah lembaga riset pemasaran yang menyebutkan bahwa Top of Mind Dunkin' Donuts di Indonesia telah mencapai 91,8%. Bahkan tercatat juga tingkat kepuasan konsumen Indonesia terhadap Dunkin' Donuts secara keseluruhan mencapai 80,8%.
Seiring dengan makin kuatnya awareness dan positioning Dunkin' Donuts yang telah dibuktikan lewat hasil survey, di awal tahun 2001 Dunkin' Donuts Indonesia kembali melakukan gebrakan dengan menerapkan konsep baru (new image) pada setiap gerainya. Kegiatan new image tersebut dilakukan secara bertahap dengan jalan merubah logo, design interior gerai, dan berbagai perubahan lainnya. Dampak dari new image membuat Dunkin' Donuts terlihat lebih fresh dan sesuai dengan keinginan pasar.
Namun semua itu belumlah cukup, bersamaan dengan terus dilangsungkannya kegiatan new image, Dunkin' Donuts Indonesia juga mengikrarkan komitmen untuk lebih memfokuskan diri pada perbaikan produk dan pelayanan. Dengan demikian diharapkan tingkat kepuasan konsumen terhadap Dunkin' Donuts dapat terus meningkat. Untuk itu, dalam mensukseskan pengembangan bisnisnya, Dunkin Donuts memberikan dukungan berupa SOP, training, serta manager. Selain itu, merketing yang terintegrasi juga disediakan serta dukungan teknologi dalam mengakses setiap outlet juga disediakan.

5. PRODUK DUNKIN’DONUTS

• Baked Goods
Donuts (26 varieties)
Eclairs , cop fritters , crullers , bismarcks , and coffee rolls
Munchkins
Stick donuts (6 varieties)
Bagels Bagel
Muffins Muffin
Danish pastry Denmark pastry
Cookies Cookie
Brownies Brownies
Cinnamon Twists

• Breakfast sandwiches
Egg and cheese
Egg and cheese with ham, bacon or sausage
Supreme omelette
Ham and cheese
Hash browns

• Oven toasted items
Flatbread sandwiches

• Coffee
Bulk Coffee
Espresso , Cappuccino , and Lattes Espresso,
Flavored Coffee
Blueberry
Caramel
Cinnamon
Hazelnut
Rasberry
Toasted Almond
French Vanilla
Coconut
Iced Lattes
Latte Lite Espresso
Turbo Turbo

• Other hot beverages
Hot chocolate
Tea
Vanilla Chai
White Hot Chocolate
Dunkaccino
• Cold beverages
Coolattas
Coffee
Watermelon
Grape
Vanilla Bean
Tropicana Orange
Strawberry
Iced teas
Smoothies


Bagels
• Plain Bagel
• Sesame Bagel
• Multigrain Bagel
• Plain Cream Cheese
• Reduced Fat Plain Cream Cheese
• See more products

Bakery
• Chocolate Chunk Cookie
• Blueberry Muffin
• Reduced Fat Blueberry Muffin
• Cheese Danish
• Plain Croissant
• See more products

Beverages
• Coffee
• Coffee with Milk and Sugar
• Latte
• Iced Coffee
• Hot Latte Lite
• See more products


Oven Toasted Items
• Egg Cheese Bagel
• Sausage Egg Cheese Croissant
• Ham Egg Cheese English Muffin
• Egg White Turkey Sausage Flatbread Sandwich
• See more products

Donuts
• Old Fashioned Cake Donut
• Chocolate Glazed Cake Donut
• Chocolate Frosted Cake Donut
• Jelly Filled Donut
• Glazed Donut
• See more products

Dunkin' Deli
• Toasted Italian Sandwich
• Turkey and Cheese Sandwich
• Caesar Salad
• Broccoli Cheese Soup
• See more products







Cookies
Freshly baked cookies available in Chocolate Chunk and Oatmeal Raisin. Try them both today! Nine Delicious Coffee Flavors
Personalize your favorite Dunkin' Donuts coffee or beverage with 9 delicious sugar-free flavors! Choose from French Vanilla, Toasted Almond, Marshmallow, Hazelnut, Coconut, Chocolate, Cinnamon, Caramel, and Blueberry. Lattes
These smooth, delicious drinks are freshly brewed and made from real espresso beans. You can now add up to three sugar-free coffee flavors for no extra charge!




Iced Coffee
The same great Dunkin' Coffee, served over ice. Try it with one
of our many delcious flavors.
Latte Lite
Made with skim milk and Splenda® No Calorie Sweetener. Get it hot or iced!
Turkey, Cheese and Bacon Flatbread
A wonderful blend of tasty turkey, crisp bacon and melted cheddar.



Hanya di Dunkin' Donuts Anda bisa menemukan beragam makanan dan minuman fresh bercitarasa eksklusif, lezat dan higienis. Semuanya diciptakan khusus agar bisa dijadikan teman istimewa dalam moment apapun juga. Kala bersantai bersama keluarga dan handai taulan, meeting bersama rekan kerja, berkumpul bersama sahabat atau saat merayakan berbagai hari istimewa.
Bersama Dunkin' Donuts segalanya akan terasa lebih sempurna dan berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar